RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA Negeri 1 Kupang Timur
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester :
X PIA /I
Materi pokok :
Penjumlahan Vektor
Alokasi Waktu : 3
x 3 JP
A. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,
ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1.
Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya.
|
1.1.1
Mengenali dan mengagumi Tuhan
yang menjadikan segala sesuatu dalam dunia ini dalam keadaan seimbang yaitu
benda memiliki gaya yang besarnya sama dan arah yang berlawanana sesuai
dengan konsep vector yang memiliki besar dan arah.
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif;) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan
berdiskusi
|
2.1.1
Melakukan pengamatan dengan
aktif, kerja sama,jujur, teliti. hati-hati, bertangung jawab, dan disiplin.
|
|
3.2 Menerapkan
konsep penjumlahan vector (dengan pendekatan geometri )
|
Pertemuan pertama
3.2.1
Menjelaskan
perbedaan antara besaran skalar dan besaran vector.
3.2.2
Menyebutkan
contoh besaran vector dan besaran skalar.
3.2.3
Mengambarkan
komponen vektor dan menentukan notasinya.
3.2.4
Mengambarkan
sebuah vektor beserta nilai dan arahnya.
Pertemuan kedua
3.2.1
Mengambarkan
dua vektor atau lebih metode segitiga, jajargenjang dan polygon.
Sub Indikator :
3.2.1.1
Mengambarkan
dua vektor atau lebih metode segitiga
3.2.1.2
Mengambarkan
dua vektor atau lebih metode jajargenjang
3.2.1.3
Mengambarkan
dua vektor atau lebih metode polygon
Pertemuan Ketiga
Indikator
3.2.1
Menentukan
resultan dan arah vektor secara analisis.
Sub indikator:
3.2.1.1
Menentukan
resultan dan arah vector dengan menggunakan rumus kosinus
3.2.1.2
Menentukan
resultan dan arah dengan mengurai vector berdasarkan komponen vektor sumbu x dan sumbu y.
|
|
4.1
Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah
|
Pertemua pertama
4.1.1 Melakukan percobaan untuk menyetahui vector dan
resultannya
Pertemuan kedua
4.1.1
Menyajikan
data sesuai hasil percobaan resultan vektor dengan metode segitiga
4.1.2
Menyajikan
data sesuai hasil percobaan resultan vektor dengan metode segitiga.
4.1.3
Menyajikan data
sesuai hasil percobaan resultan vektor dengan metode segitiga
|
4.2
Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan
resultan vektor
|
4.2.1 Merencanakan
tugas proyek dan melakukan percobaan
untuk menentukan resultan vektor polygon
|
C.
MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Fakta
|
Konsep
|
Prinsip/Hukum
|
Prosedur
|
I
|
1.
seorang siswa
berangkat dari rumah ke sekolah, dengan menempuh perjalanan sejauh 200 m ke
arah selatan dan 300 m ke arah barat.
2.
Seorang siswa
berangkat dari sekolah kembali ke rumah dengan menempuh jarak 500 m
|
1.
Besaran skalar
dan vektor
2.
Vektor dan
resultannya
|
1.
Cara
menggambar resultan vector
2.
Persaman
resultan vector
|
Percobaan vector dan resultan vector (LKS 01)
|
II
|
Dua orang anak berjalan dari
jarak yang berbeda dengan arah mata angin yang berbeda dikaitkan dengan
dengan resultan yang dihasilkannya.
|
Vektor
dan resultannya
|
Metode
penjumlahan dan selisih vector dengan metode segetiga dan jajarangenjang, dan
polygon
|
Percobaan
mengambar vector dan resultan vector (LKS 02)
|
III
|
Tiga orang anak menempuh dari sekolah
(titik acuan yang sama) ke rumah masing-masing dengan jarak (lintasan) dan
arah mata angin yang berbeda.
|
Resultan
Dan Arah Vektor secara analisis
|
1.
Rumus Cosinus.
2.
Penguaraian
vektor.
|
Percobaan mengambar vector dan
resultan vektor (LKS 03 ).
|
D. Pendekatan,
Model, Dan Metode
Pertemuan
|
Pendekatan
|
Model
|
Metode
|
I
|
Saintifik
|
Discoveri
learning
|
1.
Demonstrasi
2.
Eksperimen
3.
Diskusi
4.
Tanya jawab
|
II
|
|||
III
|
E. Media, Alat
dan Sumber belajar
Pertemuan
|
Media
|
Alat
|
Sumber belajar
|
I
|
Cetak dan elektronik (laptop dan LCD)
|
1.
Pensil
2.
Kertas
berpetak
3.
Pensil warna
4.
Pengaris
|
1.
Buku sekolah
elektronik (BSE) kelas X
2.
Marten
kanginan, fisika kelas X
3.
Bahan ajar
|
II
|
Cetak dan elektronik (laptop dan LCD)
|
1.
Pensil
2.
Kertas karton
3.
Pengaris
|
1.
Buku sekolah
elektronik (BSE) kelas X
2.
Marten
kanginan, buku fisika kelas X
3.
Bahan ajar
|
III
|
Cetak dan elektronik (laptop dan LCD)
|
1.
Neraca pegas
2.
Beban
3.
Busur derajat
4.
Tali pengikat
|
1.
Buku sekolah
elektronik (BSE) kelas X
2.
Marten
kanginan, buku fisika kelas X
3.
Bahan ajar
|
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
1. Guru dan peserta didik saling memberi salam
2. Doa pembukaan pembelajaran
3. Merefleksi hasil kompetensi (KD) sebelumnya tentang
pengukuran
4. Memberikan motivasi dan apersepsi tentang vektor dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
5. Melaksanakan pretes tentang contoh sederhana vektor
dalam kehidupan sehari-hari
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10
Menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
70
menit
|
|
Sintak
|
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
|
|
Tahap 1
|
Mengamati
|
|
Stimulation
(memberikan stimulus)
|
7. Peserta didik menyimak peragaan yang dilakukan oleh 3 orang siswa yang berjalan
dari tempat duduknya masing-masing (titik acuan yang berbeda) menuju ke depan
kelas dengan lintasan berupa garis lurus, kemudian mereka melangkah lagi dari
titik acuan yang sama ke tujuan dengan arah yang berbeda.
8. Peserta didik lainnya menghitung berapa langkah
yang ditempuh oleh teman-temanya dan mengamati arahnya.
9. Guru menilai sikap
peserta didik dalam mengamati video
tersebut *)
|
|
Tahap 2
|
Menanya
|
|
Problem
satatement (identifikasi masalah)
|
10. Peserta didik
membuat pertanyaan dari hasil pengamatan demonstrasi ?
11. Guru mengontrol pertanyaan peserta didik dengan
mencatat di papan tulis
12. Peserta didik
membuat jawaban sementara atas
pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan
13. Guru mengontrol jawaban peserta didik dengan mencatat
di papan tulis
14. Guru menilai kemampuan peserta didik dalam
merumuskan masalah dan membuat hipotesis *)
|
|
Tahap 3
|
Mencoba
|
|
Data
collecting (mengumpulkan data)
|
15. Peserta didik dibagi dalam kelompok, 1 kelompok
(4-5 orang)
16. Guru membagikan LKS 01
17. Guru bersama dengan peserta didik menyiapkan alat
dan bahan yang terdapat dalam LKS 01
18. Peserta didik melakukan percobaan mengambar vektor
pada denah sekolah pada kertas
berpetak sesuai dengan prosedur
19. Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja
kelompok dan menggunakan alat dalam melakukan percobaan dan menyajikan data
*)
|
|
Tahap 4
|
Mengasosiasi
|
|
Data processing (mengolah data)
|
20. Peserta didik berdiskusi untuk mengetahui cara cara
menentukan reslutan vektor yang dari vektor yang di gambarkan dengan
memperhatikan arah vektor
21. Dengan fasilitas guru (pendalaman materi dengan
memberikan stimulus tentang konsep impuls), peserta didik menjelaskan besaran
skalar dan besaran vektor dan penjumlahan dan selisih vektor yang searah dan berlawanan arah (mengerjakan contoh soal)
22. Guru menilai kemampuan peserta didik dalam
melakukan diskusi,mengolah data dan merumuskan kesimpulan dan menyelesaikan soal *)
|
|
Tahap 5
|
||
Verification
(menguji hasil)
|
||
Tahap 6
|
Mengkomunikasikan
|
|
Generalization
(menyimpulkan)
|
23. Peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan
atas percobaan yang dilakukan
24. Perwakilan kelompok memaparkan hasil percobaannya
di depan kelas
25.
Guru mengkonfirmasi hasil
diskusi yang dipresentasikan peserta didik
26. Guru menegaskan hasil percobaan yang benar sesuai
dengan konsep momentum dan impuls
27. Guru menilai
keaktifan dalam presentasi , serta kesantunan dan kemampuan berkomunikasi *)
|
|
Penutup
|
28. Guru mengarahkan Peserta didik untuk kembali ketempat duduk masing-masing
29. Guru bersama peserta didik merangkum kegiatan
pembelajaran yang telah berlangsung
30. Melaksanakan postes.
31. Memberikan tugas rumah
32. Doa dan salam penutup pembelajaran.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
1.
Guru dan
peserta didik saling memberi salam
2.
Doa pembukaan
pembelajaran
3.
Merefleksi
ketercapaian materi (indikator) pertemuan sebelumnya
4.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
5.
Memberikan
motifasi dan apersepsi tentang materi yang dipelajari
|
10
Menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
70
menit
|
|
Sintak
|
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
|
|
Tahap 1Stimulation
(memberikan stimulus)
|
Mengamati
|
|
6.
Peserta didik
menyimak peragaan memanah, yang
diperagakan oleh dua orang peserta didik dengan media yang disediakan (karet
dan lidi)
7. Peserta didik
melakukan pengamatan demonstrasi
8.
Guru menilai
sikap peserta didik dalam mengamati video
tersebut *)
|
||
Tahap 2
|
Menanya
|
|
Problem
satatement (identifikasi masalah)
|
9.
Guru
membimbing peserta didik merumuskan pertanyaan sesuai dengan pengamatan
terhadap demonstrasi .
10.
Guru menyempurnakan pertanyaan peserta
didik
11.
Guru memandu
peserta didik membuat hipotesis
12.
Guru
menjelaskan proses foto Rontgen
Guru menilai kemampuan peserta didik
dalam merumuskan masalah dan membuat hipotesis *)
|
|
Tahap 3
|
Mencoba
|
|
Data
collecting (mengumpulkan data)
|
13.
Peserta didik
dibagi dalam kelompok, 1 kelompok (4-5 orang)
14.
Guru
membagikan LKS 02
15.
Peserta didik
melakukan percobaan melukis peniumlahan dan selisih vektor untuk menentukan
resultan vektor dengan metode segitiga , jajar genjang dan polygon sesuai
dengan langkah-langkah pada LKS 02
16.
Guru menilai
sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan, menggunakan alat dalam
melakukan percobaan dan menyajikan data *)
|
|
Tahap 4
|
Mengasosiasi
|
|
Data processing (mengolah data)
|
17.
Peserta didik
berdiskusi untuk mengetahui cara-cara peniumlahan dan selisih vektor untuk
menentukan resultan vektor dengan metode segitiga , jajar genjang dan polygon
19.
Guru
membimbing , peserta didik melukis
peniumlahan dan selisih vektor untuk menentukan resultan vektor dengan
metode segitiga , jajar genjang dan polygon
20. Guru menuntun peserta didik untuk mengerjakan latihan soal
menentukan resultan vektor dengan metode grafis.
21. Guru menuntun peserta didik menyelesaikan soal mandiri
22. Guru menilai kemampuan peserta didik dalam
melakukan diskusi,mengolah data, merumuskan kesimpulan *)
|
|
Tahap 5
|
||
Verification
(menguji hasil)
|
||
Tahap 6
|
Mengkomunikasikan
|
|
Generalization
(menyimpulkan)
|
23.
Perwakilan
kelompok memaparkan hasil percobaan tersebut di depan kelas
24.
Guru
mengkonfirmasi hasil diskusi peserta didik yang dipresentasikan
25.
Guru menilai keaktifan dalam
presentasi , serta kesantunan dan kemampuan berkomunikasi *)
|
|
Penutup
|
26.
Guru
mengarahkan Peserta didik untuk
kembali ketempat duduk masing-masing
27.
Guru bersama
peserta didik merangkum kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung
28.
Melaksanakan
postes
29. Memberikan tugas rumah
30. doa penutup pembelajaran
|
10 menit
|
Pertemuan Ketiga
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
1.
Guru dan
peserta didik saling memberi salam
2.
Doa pembukaan
pembelajaran
3.
Merefleksi
ketercapaian materi (indikator) pertemuan sebelumnya
4.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
5.
Memberikan
motifasi dan apersepsi tentang materi yang dipelajari
6.
Melaksanakan
pretes tentang resultan vekctor secara poligon gaya
|
10
Menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
70
Menit
|
|
Sintak
|
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
|
|
Tahap 1
Stimulation
(memberikan stimulus)
|
Mengamati
|
|
7.
Peserta didik
menyimak peragaan yang dilakukan oleh dua orang temanya yang berjalan dari
titik acuan yang sama dengan arah yang berbeda.
8. Peserta didik
melakukan pengamatan demonstrasi
9.
Guru menilai
sikap peserta didik dalam mengamati video
tersebut *)
|
||
Tahap 2
|
Menanya
|
|
Problem
satatement (identifikasi masalah)
|
10.
Guru
membimbing peserta didik merumuskan pertanyaan sesuai dengan pengamatan
terhadap demonstrasi .
11.
Guru menyempurnakan pertanyaan peserta
didik
12.
Guru memandu
peserta didik membuat hipotesis
13.
Guru
menjelaskan proses foto Rontgen
Guru menilai kemampuan peserta didik
dalam merumuskan masalah dan membuat hipotesis *)
|
|
Tahap 3
|
Mencoba
|
|
Data
collecting (mengumpulkan data)
|
14.
Peserta didik
dibagi dalam kelompok, 1 kelompok (4-5 orang)
15.
Guru
membagikan LKS 02
16.
Guru
menyampaikan hal-hal teknis dalam percobaan
17.
Peserta didik
melakukan percobaan sesuai LKS untuk menguji kebenaran hipotesis
18.
peserta didik
mengambarkan vektor yang dighasilkan dalm percobaan
19.
Guru menilai
sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan keterampilan merangkai alat,
menggunakan alat dalam melakukan percobaan dan menyajikan data *)
|
|
Tahap 4
|
Mengasosiasi
|
|
Data processing (mengolah data)
|
20.
peserta didik
menentukan besar dan arabesar dan arah h vektor dengan rumus kosinus dan
penguraian vector berdasarkan komponen sumbu x dan sumbu y
21.
Guru
membimbing peserta didik dalam menentukan besar dan arabesar dan arahh vektor
dengan rumus kosinus dan penguraian vector berdasarkan komponen sumbu x dan
sumbu y
22.
Guru menuntun peserta
didik untuk mengerjakan latihan soal menentukan
besar dan arabesar dan arahh vektor dengan rumus kosinus dan penguraian
vector berdasarkan komponen sumbu x dan sumbu y.
23.
Gurumenuntun peserta didik
menyelesaikan soal mandiri
24.
Guru menilai
kemampuan peserta didik dalam melakukan diskusi,mengolah data, merumuskan kesimpulandan menyelesaikan
soal*)
|
|
Tahap 5
|
||
Verification
(menguji hasil)
|
||
Tahap 6
|
Mengkomunikasikan
|
|
Generalization
(menyimpulkan)
|
31.
Perwakilan
kelompok memaparkan hasil percobaan tersebut di depan kelas
32.
Guru
mengkonfirmasi hasil diskusi peserta didik yang dipresentasikan
33.
Guru menilai keaktifan dalam
presentasi , serta kesantunan dan kemampuan berkomunikasi *)
|
|
Penutup
|
34.
Guru
mengarahkan Peserta didik untuk
kembali ketempat duduk masing-masing
35.
Guru bersama
peserta didik merangkum kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung
36.
Melaksanakan
postes
37. Mem Guru memberi LKS dalam tugas proyek (pembuatan alat peraga indentifikasi vektor
polygon gaya)
38. doa penutup pembelajaran
|
10
menit
|
G. Penilaian
A. Penilaian
sikap (KI. II)
a.
Teknik/metode
penilaian
|
: Non tes
|
|||
b.
Bentuk
penilaian
|
: Observasi
|
|||
c.
Kisi-kisi
instrument penilaian
|
||||
d.
|
||||
No
|
Aspek
sikap
|
Indikator
|
Butir
Intrumen
|
|
1.
|
Aktif
|
Merumuskan masalah
|
1
|
|
Membuat hipotesis
|
2
|
|||
Melakukan percobaan
|
3
|
|||
Berdiskusi
|
4
|
|||
Presentasi
|
5
|
|||
2.
|
Kerja
sama
|
Diskusi
kelompok
|
6
|
|
Kerjasama
melakukan percobaan
|
7
|
|||
3.
|
Jujur
|
Melakukan
percobaan
|
8
|
|
Mengerjakan
tes
|
9
|
|||
4.
|
Teliti
|
Melakukan
percobaan
|
10
|
|
Menganalisis data
|
11
|
|||
5.
|
Hati-hati
|
Melakukan
percobaan
|
12
|
|
6.
|
Tanggung Jawab
|
Kegiatan pembelajaran
|
13
|
|
7.
|
Terbuka
|
Kegiatan pembelajaran
|
14
|
|
8.
|
Disiplin
|
Kegiatan
pembelajaran
|
15
|
|
Melakukan
praktikum
|
16
|
|||
9.
|
Kritis
|
Kegiatan pembelajaran
|
17
|
|
10.
|
Tekun
|
Kegiatan pembelajaran
|
18
|
|
d.
Instrument
penilaian
|
: Lembar Observasi
(Lampiran 1)
|
|||
e.
Rekapan
penilaian
|
: Terlampir (Lampiran 2)
|
|||
f.
Rubrik
penilaian
|
: Terlampir (Lampiran 3)
|
|||
B. Penilaian
kognitif (KI.III)
a.
Teknik/metode penilaian
|
: Tes
|
b.
Bentuk
Penilaian
|
: Uraian
|
c.
Kisi-kisi
instrument penilaian
|
Pertemuan Pertama
No.
|
Indikator
|
Tingkat
Kesukaran
|
Item
Soal
|
|
Menjelaskan
perbedaan antara besaran skalar dan besaran vektor.
|
C1
|
Soal Uraian No 1
|
|
Menyebutkan contoh
besaran vector dan besaran scalar
|
C1
|
Soal
Uraian No 2
|
|
Menggambarkan
penjumlahan dan selisih vektor jika
diketahui nilai dan arahnya
|
C2
|
Soal Uraian No 3
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Indikator
|
Tingkat
Kesukaran
|
Item
Soal
|
4.
|
Menggambarkan
resultan dua buah vector atau lebih jika diketahui nilai dana arahnya dengan
metode grafis (segitiga, jajar genjang
dan polygon )
|
C1
|
Soal Uraian No 4
|
Pertemuan Ketiga
No.
|
Indikator
|
Tingkat
Kesukaran
|
Item
Soal
|
5.
|
Menentukan resultan vektor jika diketahui
nilai dan sudut apitnya
|
C4
|
Soal Uraian No 5
|
|
Menentukanarah resultan vektor dua buah vektor gaya jika diketahui nilai
nya
|
C5
|
Soal uraian No 6
|
|
Menentukan besar dan arah vektor jika
diketahui vektor komponennya
|
C4
|
Soal uraian No 7
|
|
Menentukan besar sudut apit jika diketahi
perbandingan resultan seisih dua vektor gaya
|
C5
|
Soal uraian No 8
|
a.
Instrument
penilaian
|
: Soal Uraian Terlampir (Lampiran 4)
|
b.
Petunjuk
penskoran
|
: Terlampir (Lampiran 4)
|
c.
Rekapan
penilaian
|
: Terlampir (Lampiran 5)
|
C. Penilaian
psikomotor (KI.IV)
a.
Teknik
penilaian
|
: Non tes
|
b.
Bentuk
Penilaian
|
: Observasi
|
c.
Kisi-kisi
instrument penilaian
|
No
|
Keterampilan
|
Item
|
1
|
Menggunakan
peralatan praktikum
|
Tes
praktek 1, 2 dan 3
|
2
|
Merangkai alat
praktikum
|
Tes
praktek 3
|
3
|
Melakukan percobaan
sesuai prosedur
|
Tes
praktek 1, 2 dan 3
|
4
|
Menyajikan hasil
pengamatan
|
Tes
praktek 1,2 dan 3
|
5
|
Mengolah
(menganalisis) data hasil pengamatan
|
Tes
praktek 1,2 dan 3
|
6
|
Menyimpulkan hasil
percobaan
|
Tes
praktek 1,2 dan 3
|
d.
Instrument Penilaian
|
: Lembar Observasi
(Lampiran 6,9 dan 12)
|
e.
Rekapan
penilaian
|
: Terlampir (Lampiran 7 .10
dan 13)
|
f.
Rubrik
penilaian
|
: Terlampir (Lampiran 8,11
dan 14)
|
Mengetahui
Calon Guru Guru
Mata Pelajaran Fisika
Salverius
Jagom Melania
Jemunut, S.Pd
NIM. 1201057029 NIP.
19660805 199002 2 002
|
Kupang, Agustus 2014
|
Mengesahkan
Kepala SMA Negeri 1 Kupang Timur
Anderias
Poetting, S.Pd
NIP. 19680424
199903 1 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar